Selasa, 19 Mei 2020

Inovasi pendidikan Pada Level PAUD

PEMANFAATAN APLIKASI ANIMASI MARBEL

DALAM INOVASI PENDIDIKAN PADA LEVEL PAUD

 

Oleh: Kartika Fajriani, S.Pd.I., M.Pd

 

Seiring dengan kemajuan teknologi yang mengglobal saat ini, telah banyak mempengaruhi kehidupan di segala aspek, diantaranya aspek pendidikan yang seharusnya telah dilakukan inovasi yang positif untuk kemajuan pendidikan pada level PAUD. Fasilitas-fasilitas yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran yang sekiranya masih bersifat tradisional, seperti buku paket peserta didik dan papan tulis misalnya sudah dialihfungsikan menjadi barang pelengkap saja dalam pembelajaran. Fenomena tersebut terjadi karena perkembangan teknologi yang semakin canggih seperti keberadaan internet, penggunaan laptop, iPad, LCD, smartphone, dan lain-lain. Anak-anak masa kini menghabiskan banyak waktu di depan  layar (TV dan gadget). Hasil penelitian M. Hafiz Al-Ayouby (2017) menemukan anak-anak menghabiskan rata-rata 7 jam sehari dalam menggunakan media layar, 90% orang tua di Indonesia melaporkan bahwa anak di bawah usia dua tahun telah menonton beberapa bentuk media elektronik. Di lain pihak, M. Atwi Suparman (2014) menjelaskan bahwa anak-anak berusia dua sampai lima tahun menghabiskan lebih dari 32 jam seminggu di depan layar. 52 % anak-anak usia 0-8 tahun memiliki akses untuk menggunakan smartphone, tablet, atau alat elektronik lainnya. Realitanya banyak peserta didik lebih menyukai animasi daripada buku sebagai media belajar. Untuk mengimbangi kemajuan teknologi tersebut, ditawarkan aplikasi Animasi Marbel untuk anak usia dini, dan guru sebagai pendidik dapat memanfaatkannya dalam pembelajaran di PAUD.

Aplikasi Animasi Marbel dalam pendidikan dapat mengubah cara pembelajaran di PAUD yang saat ini masih bersifat tradisional menjadi lebih modern dengan penuh inovasi, sehingga melalui aplikasi Animasi Marbel, pendidik dapat meningkatkan kemampuan peserta didiknya agar lebih termotivasi dan meningkatkan hasil belajarnya. Anak-anak seusia PAUD sangat senang dengan permainan, gambar yang bergerak, dan warna yang menarik dari tampilannya, serta suara yang muncul dari aplikasi Animasi Marbel menjadikan aplikasi ini sangat disukai anak-anak usia dini, dan secara tidak langsung dalam aplikasi Animasi Marbel guru juga dapat mengukur ketercapaian kemampuan sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik motorik dan seni pada anak usia dini.

 

Pada awalnya belajar huruf dengan mengunakan buku paket dikelas, gambar yang kurang menarik, guru menjelaskan di depan, dan mencontohkan dipapan tulis, sehingga peserta didik menjadi cepat bosan dan tidak semangat dalam belajar.

 

 

 

Gambar 1. Media Buku Pelajaran Belajar Huruf

 

 

 

 

Kini dengan inovasi teknologi dibidang pendidikan, beralih dengan menggunakan aplikasi Animasi Marbel melalui laptop atau iPad yang dihubungkan ke LCD, dan anak-anak dapat belajar sambil bermain, sehingga proses pembelajaran terasa asyik dan menyenangkan bagi peserta didik.

Peserta didik tidak diajarkan untuk menghafal huruf, tetapi dengan inovasi teknologi, anak langsung mengaplikasikan dan mengklik dengan jari-jarinya, huruf-huruf dapat bergerak mengeluarkan suara yang mudah dipahami dan diingat oleh anak karena disertai gambar audio visual.

 

 

Gambar 2. Media Aplikasi Animasi Marbel Belajar Huruf

 

 

Anak-anak membutuhkan kesempatan untuk mengeksplorasi dan bermain dengan teknologi aplikasi Animasi Marbel seperti yang mereka lakukan dengan menggunakan bentuk-bentuk game edukasi di dalam kelas. Ini berarti bahwa TIK dengan pemanfaatan media aplikasi Animasi Marbel harus terintegrasi di seluruh kurikulum PAUD. Penggunaan TIK harus didasarkan pada pemahaman tentang tujuan, praktik, dan konteks sosial di dalam PAUD secara keseluruhan.

 

 

 

 

 

Gambar 3. Proses Media Aplikasi Animasi Marbel pada pembelajaran

 

DAFTAR PUSTAKA

M. Hafiz Al-Ayouby Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini (Studi di PAUD dan TK.Handayani Bandar Lampung): Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Lampung Bandar Lampung, 2017.

 

Highscope Educational Research Foundation & Red-e Set Grow. (2013), diakses dari http://www.coradvantage.org.

 

M. Atwi Suparman, Teknologi Pendidikan Dalam Pendidikan Jarak Jauh – Solusi untuk Kualitas dan Aksesibilitas Pendidikan (Jakarta: Universitas Terbuka, 2014).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar